ad

The Streets of Fighting

PEMBUKAAN

Bahwa sesungguhnya kita pasti pernah bermain game di PS2 yaitu Tekken 5, CVS2, dan KOF MI. Tetapi kalian pasti tidak tau game genre itu apa, maka dari itu saya akan menjelaskan genre game yang disebut Fighting Game.

FIGHTING GAME?

Fighting game adalah jenis permainan video yang menampilkan pertarungan atau duel antara karakter yang dikendalikan oleh pemain atau komputer. Setiap karakter memiliki serangkaian gerakan, serangan, dan teknik khusus yang dapat digunakan untuk mengalahkan lawannya. Tujuannya adalah untuk mengurangi kesehatan lawan hingga habis dengan mengeluarkan serangan-serangan dan teknik-teknik yang tepat.

WHAT WAS THE FIRST FIGHTING GAME?

Fighting game pertama yang dikenal luas adalah game karate yang dirilis pada tahun 1984 oleh perusahaan game Jepang bernama Karate Champ.
Game ini dimainkan dengan menggunakan joystick dan dua tombol untuk melakukan berbagai gerakan dan serangan, seperti pukulan dan tendangan.

THE RISE OF FIGHTING GAME

Meskipun Karate Champ tidak meledakan genre fighting, pada tahun 1991. Capcom merilis Street Fighter II: The World Warrior, dianggap sebagai game yang mempopulerkan genre fighting game. Game ini menghadirkan karakter yang lebih bervariasi dan lebih banyak gerakan serta teknik bertarung dibandingkan pendahulunya, serta memberikan kebebasan pada pemain untuk memilih karakter yang paling disukai.

WHAT WAS CAPCOM FIRST FIGHTING GAME

Kalian tau tidak kalau Street Fighter II itu sebenarnya bukan fighting game pertama yang dibuat oleh Capcom? Fighting game pertama yang dirilis oleh Capcom adalah Street Fighter pada tahun 1987. Game ini dirancang oleh Takashi Nishiyama dan Hiroshi Matsumoto, yang sebelumnya bekerja di perusahaan game lainnya yang bernama Irem.

IS BEAT EM UP COUNT AS A FIGHTING GAME?

Meskipun genre beat em up dan fighting game seringkali mempunyai kesamaan, namun keduanya sebenarnya adalah genre game yang berbeda.


Genre beat 'em up adalah jenis permainan video di mana pemain mengontrol karakter yang bergerak ke kiri dan ke kanan di level linear sambil mengalahkan sejumlah besar musuh yang muncul secara teratur. Pemain biasanya menggunakan serangan fisik dan senjata untuk mengalahkan musuh dan mencapai tujuan akhir di setiap level.


Sedangkan genre fighting game adalah jenis permainan video yang menampilkan pertarungan atau duel antara karakter yang dikendalikan oleh pemain atau komputer. Setiap karakter memiliki serangkaian gerakan, serangan, dan teknik khusus yang dapat digunakan untuk mengalahkan lawannya. Tujuannya adalah untuk mengurangi kesehatan lawan hingga habis dengan mengeluarkan serangan-serangan dan teknik-teknik yang tepat.

WHAT MADE THE FIGHTING GAME GENRE GOOD?

Ada beberapa faktor yang dapat membuat sebuah game fighting bagus, antara lain:

  1. Kekuatan karakter

  2. Sistem pertarungan yang seimbang

  3. Pengendalian yang mudah

  4. Mode permainan yang beragam

  5. Grafis dan audio yang menarik

  6. Komunitas pemain yang aktif

THE GLITCH THAT CHANGE THE FIGHTING GAME GENRE

Ya, awal mula combo di fighting game memang dimulai sebagai sebuah glitch atau kesalahan dalam perancangan game. Combo pertama kali ditemukan oleh pemain Street Fighter II yang menemukan bahwa mereka dapat melakukan serangan beruntun dengan karakter Ryu yang seharusnya tidak memungkinkan untuk dilakukan. Teknik ini awalnya dianggap sebagai sebuah kecacatan dalam game, tetapi kemudian dijadikan fitur yang disengaja dalam game-game fighting game berikutnya.

2D VS 3D FIGHTING GAME

Perbedaan utama antara game fighting 2D dan 3D terletak pada cara visualisasi karakter dan lingkungannya.

Game fighting 2D adalah game fighting tradisional yang menggunakan grafis 2D atau kartunis sebagai tampilan visual. Karakter, latar belakang, dan efek visual semuanya digambar dalam format 2D, mirip dengan animasi kartun. Game fighting 2D ini biasanya menggunakan dua dimensi sebagai ruang gerak untuk karakter yang menghadap ke arah kiri atau ke kanan.

Sementara game fighting 3D menggunakan grafis tiga dimensi untuk menampilkan karakter, latar belakang, dan efek visual. Karakter dan lingkungan direpresentasikan dalam bentuk objek tiga dimensi, yang memungkinkan karakter untuk bergerak ke atas dan ke bawah, serta ke kiri dan kanan. Game fighting 3D juga biasanya menawarkan sudut pandang kamera yang dapat diputar dan diubah, sehingga pemain dapat mengamati pertarungan dari berbagai sudut pandang.

THE FALL OF FIGHTING GAME

Pada akhir tahun 2000-an fighting game menjadi tidak popular karena;
  1. Persaingan dengan game-game genre lain: Pada akhir 2000-an, game-game dengan genre lain seperti game FPS, game RPG, dan game simulasi mulai berkembang pesat dan menarik minat banyak pemain, sehingga mempengaruhi minat terhadap game fighting.

  2. Terlalu banyak rilis game fighting: Sejak awal 2000-an, banyak perusahaan game yang merilis game fighting secara berlebihan, sehingga membuat pasar terlalu terkendali dan pemain terlalu jenuh dengan genre ini.

  3. Tren game online: Pada akhir 2000-an, game online mulai menjadi tren yang besar, sehingga membuat banyak pemain beralih ke game online. Game fighting pada umumnya tidak mudah diadopsi menjadi game online, sehingga hal ini dapat mempengaruhi penurunan popularitas game fighting.

THE MOMENT THAT CHANGE FIGHTING GAME

Evo Moment 37 adalah momen legendaris dalam sejarah game fighting yang terjadi pada turnamen Evo 2004 untuk game Street Fighter III: 3rd Strike. Pada pertandingan grand final antara Justin Wong dari Amerika Serikat dan Daigo Umehara dari Jepang, Daigo melakukan comeback epik yang dianggap sebagai salah satu momen paling ikonik dalam sejarah fighting game dan mempopularkan genre fighting lagi.

WHY ARE FIGHTING GAME HARD?

Fighting game sering kali memiliki kombinasi tombol yang sulit diingat dan harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Selain itu, fighting game juga memiliki banyak teknik dan gerakan yang berbeda, seperti serangan dasar, serangan khusus, counter, block, grab, dan lain sebagainya, yang semuanya harus dikuasai dengan baik.

PROS: FIGHTING GAME

  • Menantang

  • Komunitas yang aktif

  • Mode bermain multiplayer

  • Inovasi dan kreativitas

CONS: FIGHTING GAMES

  • Sulit dipelajari

  • Tidak ramah untuk pemula

  • Membosankan untuk beberapa orang

  • Terkadang terlalu kompetitif

WHAT MADE FIGHTING GAME SO HYPE?

Fighting game umumnya menawarkan mode bermain multiplayer yang memungkinkan pemain untuk bersaing secara langsung dengan pemain lain baik secara online maupun offline. Hal ini membuat pengalaman bermain menjadi lebih menarik karena dapat bersaing dengan pemain lain.

PENUTUP

Jadi begitulah sejarah fighting game dan mengapa menghamburkan waktu di trial mode itu sangat seru dibandingkan main story mode. Terimakasih telah membaca blog ini dan mari kita main Street Fighter III 3rd Strike.

Comments

Popular posts from this blog

SKYPE VS DISCORD

PVP, NOT THAT BOOTLEG PSP

IMAGINE PHONE BUT BIGGER